Bilangan Erdos

Ini bukan tentang bilangan sempurna atau bilangan Mersenne. Bilangan Erdös merupakan jarak kolaborasi dengan matematikawan asal Hungaria yang bernama Paul Erdös (1913-1996). Mengapa Erdös? Karena ia adalah matematikawan yang giat berkolaborasi dengan ratusan matematikawan lainnya.

Nah, bila seseorang pernah berkolaborasi dengan Erdös, maka bilangan Erdös orang tersebut sama dengan 1. Bila seseorang belum pernah berkolaborasi dengan Erdös, tetapi pernah berkolaborasi dengan orang yang pernah berkolaborasi dengan Erdös, maka bilangan Erdös orang tersebut sama dengan 2.

Banyak peraih Fields Medal mempunyai bilangan Erdös 2 atau 3. Dihitung sejak 2016, median bilangan Erdös seluruh matematikawan di dunia saat ini adalah 5.

Ada yang iseng bertanya: berapa bilangan Erdös saya? Saya pernah berkolaborasi dengan Michael Cowling. Lalu Michael Cowling pernah berkolaborasi dengan Roger Evans Howe, yang pernah berkolaborasi dengan László Lovász. Nah, Lovász pernah berkolaborasi dengan Erdös. Jadi, bilangan Erdös saya sama dengan 4. Lumayan, lebih kecil daripada median dan hampir sama dengan kebanyakan peraih Fields Medal 🙂

*

Bandung, 14-01-2020

-Foto Paul Erdös dari Wikipedia

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s