Perkalian ala Rusia

Hampir setiap tahun ada saja yang mempertanyakan apa arti 4 \times 6, apakah ia sama dengan 4+4+4+4+4+4 atau 6+6+6+6. Saya tidak akan membahasnya di sini. Sila baca artikel opini saya tentang hal tersebut, yang pernah dimuat di Kompas pada tahun 2014.

Yang ingin saya perkenalkan saat ini adalah cara orang Rusia menghitung hasil kali dua bilangan, misalnya 13 \times 45. (Cara ini dibahas antara lain dalam buku “Wonders Beyond Numbers” karangan Johnny Ball, yang baru saya beli di bandara Soekarno-Hatta dua hari yang lalu.)

Pertama, kita tuliskan kedua bilangan tersebut bersebelahan, 13 di sebelah kiri dan 45 di sebelah kanan. Lalu, kita bagi dua bilangan di sebelah kiri, dan kita kali dua bilangan di sebelah kanan. Kita lakukan ini berulang-ulang hingga bagian bulat dari bilangan di sebelah kiri sama dengan 1. Hasilnya adalah sebagai berikut:

Karena orang Rusia tidak suka pecahan (katanya begitu), kita abaikan pecahan yang terdapat di sebelah kiri dan perhatikan bilangan bulatnya saja, yaitu, 13, 6, 3, dan 1. Nah, selanjutnya, orang Rusia akan mencoret baris yang mengandung bilangan genap di sebelah kiri. Hasilnya adalah sebagai berikut:

Kemudian mereka jumlahkan bilangan yang tersisa di sebelah kanan: hasilnya adalah 585. Nah, dengan cara di atas, mereka dapatkan hasil perkaliannya: 13 \times 45 = 585. Pintar, kan?

Bila Anda mau mencoba perkalian lainnya, sila jajal: 21 \times 37. Bandingkan hasilnya dengan hasil yang Anda peroleh menggunakan cara lain yang Anda kenal (termasuk menggunakan kalkulator).

*

Melbourne, 03-12-2019

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s