Mungkinkah Sisi Suatu Bangun Datar Memiliki Panjang 0?

Apakah sisi suatu bangun datar selalu mempunyai panjang positif? Bila kita membahas bangun datar sembarang, bukan sekadar segi banyak, maka jawabannya belum tentu. Dengan definisi sisi sebagai kelas ekuivalen titik-titik yang memiliki rank 1 sebagaimana diperkenalkan dalam artikel sebelumnya, suatu sisi dapat memiliki panjang 0.

Sebagai contoh, perhatikan bangun datar di bawah ini (kurva tepinya berwarna hitam, gambarnya belum selesai karena melibatkan tak terhingga titik). Nah, titik O pada kurva tepi bangun datar ini memiliki rank 1, karena di titik O terdapat garis singgung, yaitu garis horisontal yang melalui O. Namun, titik ini dikepung oleh titik-titik di sekitarnya yang memiliki rank 0. Akibatnya, kelas ekuivalen yang memuat titik O hanya titik O sendiri. Dalam hal ini, O merupakan sisi yang memiliki panjang 0.

Hi hi.. menarik, kan? Bila sebelumnya Anda tidak pernah mendengar ini, karena yang Anda pelajari mungkin hanya segi banyak dan bangun-bangun datar sederhana seperti lingkaran, elips, dan bentuk hati. Sekarang perbendaharaan bangun datar kita bertambah, dan banyak temuan menarik yang tidak pernah kita bayangkan sebelumnya.

*

Bandung, 13-03-2018

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s