Segitiga Reuleaux

Dalam buku Lingkaran: Menguak Misteri Bilangan Pi, Bangun Datar dan Bangun Ruang Terkait dengan Lingkaran (Graha Ilmu, 2015), saya membahas bangun datar yang mempunyai sifat mirip dengan lingkaran. Bangun datar tersebut adalah segitiga Reuleaux, yang berbentuk seperti pada gambar di bawah ini:

Segitiga Reuleaux dapat diperoleh dari sebuah segitiga sama sisi dengan cara menambahkan pada tiap sisinya suatu tembereng lingkaran yang berpusat di titik sudut yang berhadapan dengan sisi tersebut — lihat gambar di bawah ini:

Sifat apa yang dimiliki oleh segitiga Reuleaux yang menyebabkannya mirip dengan lingkaran? Anda tahu bahwa banyak penutup lubang saluran air kotor berbentuk lingkaran. Mengapa? Alasannya adalah karena penutup lubang saluran air kotor yang berbentuk lingkaran tidak akan jatuh ke lubangnya! Berbeda, misalnya, dengan penutup saluran air kotor berbentuk persegi, yang akan dengan mudah jatuh ke lubangnya (karena panjang diagonal > panjang sisi).

Nah, selain lingkaran, adakah bentuk lain untuk penutup lubang saluran air kotor yang juga tidak akan jatuh ke lubangnya? Jawabannya: ada, dan salah satunya adalah segitiga Reuleaux.

Sumber gambar: Wikipedia

Dengan sifat itu juga, bentuk segitiga Reuleaux dapat dipakai sebagai bentuk alternatif roda sepeda. Sila cari di Internet foto atau video sepeda beroda segitiga Reuleaux.

*

Bandung, 20-02-2018

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s