Tetraktis

Ya, tetraktis. Bukan tetris. Tetraktis adalah susunan segitiga yang terdiri atas 10 titik, sebagaimana diperlihatkan dalam gambar di bawah ini:

Tetraktis merupakan lambang sakral bagi Pythagoras dan para muridnya. Baris pertama (paling atas), yang hanya terdiri atas 1 titik, menyatakan dimensi 0 (titik). Selanjutnya, baris kedua yang terdiri atas 2 titik menyatakan dimensi 1 (garis); baris ketiga yang terdiri atas 3 titik menyatakan dimensi 2 (bidang); dan baris keempat yang terdiri atas 4 titik menyatakan dimensi 3 (ruang).

Bagi Pythagoras dan para muridnya ketika itu, bilangan 10 merupakan bilangan suci, yang merepresentasikan suatu kesatuan dari monad, diad, triad, dan tetrad, yang mereka sebut sebagai “dekad”.

Padepokan Pythagoras menggunakan tetraktis sebagai lambang sakral padepokannya. Setiap anggota baru Padepokan Pythagoras diharuskan bersumpah di hadapan tetraktis:

By that pure, holy, four lettered name on high,
nature’s eternal fountain and supply,
the parent of all souls that living be,
by him, with faith find oath, I swear to thee.”

Jangan-jangan, di abad ini masih ada perkumpulan yang menggunakan tetraktis sebagai logo perkumpulannya. Ada ngga ya?

*

Bandung, 22-06-2019

Advertisements

2 Comments

  1. soal phytagoras, bisa nggak saya request supaya diceritakan lebih jauh tentang teorema phytagoras. ada cerita gini:
    penemuan teorema phytagoras membuat orang-orang menemukan operasi akar, lalu dari operasi akar ditemukan bilangan irasional. bilangan irasional menghasilkan konflik epistemologis karena menghasilkan bilangan-bilangan tak tentu, maksudnya bilangan yang tak bisa ditentukan nilainya secara pasti. tadinya phytagoras dan pengikutnya menganggap bilangan-bilangan asli itu suci dan simbolik. lalu bilangan pecahan membuktikan bahwa musik itu harmonis dengan matematika. tapi kemudian bilangan irasional menghancurkan itu. bilangan irasional menghancurkan pondasi tersebut.
    misalnya: 2 adalah simbol pasangan. siang – malam, gelap – terang, baik – buruk, jantan – betina. dll. pasangan ada di mana-mana. jadi 2 adalah dasar dunia.
    tapi 2 berasal dari akar 2, sedangkan akar 2 itu irasional, yang mana nilainya sama dengan 1,414 …
    bagaimana menurut anda?

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s